Dukcapil Ngawi https://dukcapil.ngawikab.go.id Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Ngawi Fri, 11 Jun 2021 05:58:28 +0000 en-US hourly 1 https://dukcapil.ngawikab.go.id/wp-content/uploads/2017/12/cropped-siteicon-32x32.png Dukcapil Ngawi https://dukcapil.ngawikab.go.id 32 32 Cara Mudah Cetak Dokumen Menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri https://dukcapil.ngawikab.go.id/cara-mudah-cetak-dokumen-menggunakan-anjungan-dukcapil-mandiri/ https://dukcapil.ngawikab.go.id/cara-mudah-cetak-dokumen-menggunakan-anjungan-dukcapil-mandiri/#respond Sun, 30 May 2021 04:17:23 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1584 Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan. Dokumen yang dapat dicetak di ADM yaitu KK, KTP-el, KIA, Kutipan Akta Lahir dan Kutipan Akta Kematian. ADM diharapkan dapat memutus mata rantai percaloan di Dukcapil karena dengan mencetak di ADM diharapkan antara pemohon dan pemberi layanan tidak bertemu.Pada tahun 2020 Dinas […]

The post Cara Mudah Cetak Dokumen Menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan. Dokumen yang dapat dicetak di ADM yaitu KK, KTP-el, KIA, Kutipan Akta Lahir dan Kutipan Akta Kematian. ADM diharapkan dapat memutus mata rantai percaloan di Dukcapil karena dengan mencetak di ADM diharapkan antara pemohon dan pemberi layanan tidak bertemu.
Pada tahun 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngawi mendapatkan hibah mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Bank Jatim. Serah terima ADM dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Kepala Dinas Dukcapil di Gedung Grahadi. Selesai acara serah terima ADM selanjutnya ADM dibawa ke daerah masing-masing.
ADM Kabupaten Ngawi selanjutnya dilakukan setting dan ujicoba operasional. Proses setting ADM dilakukan oleh Tim Dukcapil Ngawi beserta Tim Direktorat Dukcapil. Ujicoba pencetakan KTP-el, KIA, KK, Kutipan Akta Lahir dan Kutipan Akta Kematian berhasil dengan baik.
Langkah selanjutnya yang perlu difikirkan adalah penempatan mesin ADM tersebut agar mesin ADM dapat beroperasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Ngawi. Setelah berdiskusi antara pimpinan dan stakeholder terkait maka ADM ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP). ADM ditempatkan di dekat pintu masuk MPP.
Langkah yang tidak kalah penting adalah sosialisasi kepada masyarakat. Tim Dukcapil Ngawi melakukan sosialisasi dengan cara mengirim email kepada pemohon layanan administrasi kependudukan secara daring (online). Isi email berupa informasi user(NIK), password dan QR Code user untuk login mesin ADM serta informasi lokasi mesin ADM.
Ada dua langkah yang harus dilakukan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan menggunakan ADM. Langkah yang pertama yaitu login dan langkah yang kedua masukkan PIN dokumen yang akan dicetak.

Berikut Alur Penggunaan ADM

Terdapat tiga cara untuk login pada mesin ADM, yang pertama menggunakan user(NIK) dan password, yang kedua menggunakan user(NIK) dan sidik jari dan yang ketiga menggunakan QR Code. Cara ketiga yang paling simpel dan mudah. Jika anda belum memiliki user dan password login mesin ADM maka anda dapat mengajukan di loket layanan administrasi kependudukan (di Disdukcapil dan MPP) atau anda membuat user layanan online maka anda akan mendapatkan juga user ADM.

Setelah berhasil login maka akan masuk ke menu utama. Ada dua cara untuk proses mencetak, yang pertama menggunakan PIN dan yang kedua menggunakan QR Code. Masukkan PIN atau QR Code untuk mencetak dokumen. PIN atau QR Code dapat diperoleh dari proses layanan administrasi kependudukan yang menyertakan email dan nomor HP saat pengajuan. PIN atau QR Code akan dikirim ke email dan nomor HP pemohon.

Selamat mencoba..

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

The post Cara Mudah Cetak Dokumen Menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
https://dukcapil.ngawikab.go.id/cara-mudah-cetak-dokumen-menggunakan-anjungan-dukcapil-mandiri/feed/ 0
Layanan Online Untuk Mencegah Penyebaran Corona https://dukcapil.ngawikab.go.id/pengajuan-online-untuk-mencegah-penyebaran-corona/ https://dukcapil.ngawikab.go.id/pengajuan-online-untuk-mencegah-penyebaran-corona/#respond Tue, 24 Mar 2020 01:05:27 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1474 Dalam rangka mengurangi penyebaran virus corona dan sesuai arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri maka masyarakat dapat melakukan proses layanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil secara online melalui http://siak.ngawikab.go.id untuk layanan KK, KTP-el, Akta Lahir, Akta Mati dan Pindah Datang dengan tata cara sebagai berikut: Buat acount terlebih dahulu dengan klik Pendaftaran Isi semua elemen NIK, nama […]

The post Layanan Online Untuk Mencegah Penyebaran Corona appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Dalam rangka mengurangi penyebaran virus corona dan sesuai arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri maka masyarakat dapat melakukan proses layanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil secara online melalui http://siak.ngawikab.go.id untuk layanan KK, KTP-el, Akta Lahir, Akta Mati dan Pindah Datang dengan tata cara sebagai berikut:

Buat acount terlebih dahulu dengan klik Pendaftaran

  • Isi semua elemen NIK, nama lengkap dst. Semua elemen data harus benar, apalagi No Hp dan email, isi dengan nomor HP dan email yang masih aktif. Disarankan tidak menggunakan email yahoo karena sistem kita kesulitan untuk mengirimkan email balasan di email tersebut. Penulisan email harus menggunakan huruf kecil semua. Jangan gunakan tanda _(garis bawah), -(strip), dan karakter aneh yang lain. Penulisan no HP dan email yang salah dapat mengakibatkan tidak terbentuknya user anda.
  • Pendaftaran user dengan menggunakan NIK kepala keluarga maka akan dapat mengajukan semua layanan yang tersedia sedangkan jika NIK sebagai anggota keluarga tidak bisa mengajukan layanan Pindah dan Cetak KK.
  • Setelah dapat acount maka gunakan untuk login
  • Klik Pendaftaran dan pilih jenis layanan

Akta Kelahiran Telah Memiliki NIK digunakan untuk pengajuan akta lahir bagi penduduk yang sudah memiliki NIK

Akta Kelahiran Belum Memiliki NIK digunakan untuk pengajuan akta lahir bagi penduduk (anak) yang belum memiliki NIK

Akta Kematian digunakan untuk pengajuan akta kematian

Pengajuan Cetak Penggantian Kartu Keluarga digunakan untuk pengajuan cetak kk, perubahan biodata dan pecah kk

Pindah Domisili digunakan untuk pengajuan kepindahan

  • Setelah proses pengajuan dokumen, jangan lupa melampirkan foto/scan dokumen persyaratan dengan klik TAMBAH kemudian pilih file foto dokumen persyaratan dan klik UPLOAD. Pengajuan tanpa upload persyaratan maka pengajuan tersebut tidak akan diproses.
  • Semua pengajuan harus dilampiri dokumen pengajuan dengan cara diupload pada icon tambah. Untuk pengajuan pindah tempat jangan lupa foto/scan formulir kepindahan/kedatangan agar dapat diproses sesuai permintaan. Semua persyaratan harus di upload agar dapat di proses lebih lanjut.
  • Abaikan email yang berisi untuk datang ke Dispenduk karena semua dokumen dan konfirmasi akan dikirim melalui email kecuali pengajuan KTP-el (tidak perlu materai).
  • Setelah pengajuan diproses maka pemohon akan mendapat email ouput hasil pelayanan (kk,akta, pindah) yang dapat di cetak secara mandiri dengan kertas A4 80 gram (Sesuai Permendagri 109 Tahun 2019) dan sebagai dokumen yang sah.
  • Pencetakan KK dan Akta dapat juga dilakukan di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berada di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang berada di DPMPTSP (selatan Alun-alun Ngawi).
  • Persyaratan pencetakan di ADM yaitu memiliki user dan password untuk login ADM dan PIN cetak dokumen, bagi yang mengajukan online maka user, password dan PIN akan dikirim ke email pemohon.
  • Masukkan PIN yang ada di email dan masukkan code captcha tersebut kemudian klik MASUK maka akan tampil dokumen dan lakukan pencetakannya.

Layanan pengajuan lainnya:

  • Pengajuan update data untuk keperluan BPJS, perbankan dll dapat dilakukan melalui link   http://bit.ly/Update3521
  • Pengajuan Kedatangan dapat diajukan melalui link   http://bit.ly/datang3521
  • Pengajuan Akta Lahir dan Akta Kematian juga dapat dilakukan melalui WA di nomor 081943341330
  • Pengajuan Akta Lahir dan Akta Kematian yang peristiwanya di puskesmas maka pengajuannya dapat dilakukan di Puskesmas tersebut di wilayah Kabupaten Ngawi.
  • Bagi yang sudah memiliki NIK disarankan Pengajuan Akta Lahirnya dilakukan di Kecamatan
  • Pengajuan KK, Akta lahir dan Akta mati dapat dilakukan di Kecamatan.
  • Pengajuan pindah datang antar Kecamatan dan antar Desa dilakukan di Kecamatan.
  • Mulai tanggal 21 Juli 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngawi juga membuka layanan offline pengajuan KTP-el.

Prosedur pengajuan KTP-el secara Online

  1. Ajukan melalui https://siak.ngawikab.go.id (pengajuan online mendapat prioritas layanan) dan jangan lupa upload foto dokumen asli berkas persyaratannya, sementara dibatasi 200 ktp per hari.
  2. Datang ke dispenduk harus pakai masker kemudian cuci tangan pakai sabun di tempat yang disediakan kemudian tunjukkan bukti pengajuan online. Yang datang ke Dispenduk adalah Ybs atau keluarga lain satu KK.
  3. Datang ke dispenduk sesuai jadwal mulai jam 08.00 sd 12.00 (diluar jadwal dan jam tidak akan dilayani) dengan menunjukkan bukti pengajuan online.
  4. Serahkan berkas persyaratan pada petugas.
  5. Petugas akan memanggil pemohon.
  6. Petugas menyerahkan KTP, pemohon menandatangani bukti pengambilan atau pemohon melakukan aktivasi.

Prosedur perekaman KTP

  1. Hanya bagi penduduk yang belum pernah rekam KTP-el di seluruh wilayah Indonesia (Jika tidak jujur maka tidak akan dilayani pada hari tersebut).
  2. Membawa fc KK .
  3. Menyerahkan fc KK pada petugas
  4. Petugas  memanggil pemohon dan lakukan proses perekaman
  5. Petugas menyerahkan fc KK ke petugas cetak untuk proses pencetakan KTP

Prosedur pengajuan KTP-el secara Offline

Mulai tanggal 21 Juli 2020 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ngawi juga membuka layanan offline pengajuan KTP-el. Sementara hanya menerima pengajuan sebanyak 200 pengajuan. Tata cara pengajuan offline KTP-el sebagai berikut:

  1. Datang ke dispenduk dengan membawa persyaratan lengkap, harus pakai masker kemudian cuci tangan pakai sabun di tempat yang disediakan. Yang datang ke Dispenduk adalah Ybs atau keluarga lain satu KK.
  2. Kumpulkan berkas persyaratan pada petugas.
  3. Petugas akan memanggil pemohon.
  4. Petugas memverifikasi berkas pengajuan pemohon, jika persyaratan lengkap maka pemohon akan mendapatkan nomor antrian pencetakan KTP-el.
  5. Pemohon akan dipanggil untuk pencetakan dan aktivasi KTP-el.

Persyaratan Yang harus diupload

KK

  • F1.01 jika pecah kk
  • Kartu Keluarga Lama/Surat Kehilangan asli
  • Akta Nikah asli bagi penduduk yang status perkawinannya kawin.
  • Akta cerai asli bagi penduduk yang status perkawinannya cerai hidup.
  • Akta Lahir/Ijasah terakhir (jika mengajukan perubahan elemen data) asli

KTP

  • KTP Lama asli atau surat kehilangan dari polsek.
  • Kartu Keluarga asli

Pindah

  • Isi formulir kepindahan (untuk mengetahui tujuan pindah dan anggota yang pindah)
  • Kartu Keluarga asli
  • KTP-el asli
  • Akta Nikah atau akta cerai asli

Akta Lahir

  • Surat Kelahiran dari RS/Puskesmas/Bidan atau SPTJM Kelahiran (klik disini) asli
  • Kartu Keluarga asli
  • Surat Nikah oarng tua asli
  • KTP Ortu dan saksi asli

Akta Kematian

  • Surat Kematian dari RS/Puskesmas/Medis atau Desa asli
  • Kartu Keluarga/KTP ybs asli

Jika anda sudah mengajukan salah satu dokumen kependudukan dan lupa belum mengupload dokumen persyaratannya maka langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik menu Aktifitas, kemudian klik Pilihan dan klik Upload

2 . Klik Tambah

3. Pilih file dokumen yang akan kita upload, dan terakhir klik Upload

Jika HP android anda tampil tulisan dobel maka non aktifkan Saran Kata atau Koreksi Kata Otomatis atau Koreksi Teks biasanya pada Menu Bahasa & Masukan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

The post Layanan Online Untuk Mencegah Penyebaran Corona appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
https://dukcapil.ngawikab.go.id/pengajuan-online-untuk-mencegah-penyebaran-corona/feed/ 0
Penyerahan KIA di SDN Mengger 2 oleh Wakil Bupati Ngawi https://dukcapil.ngawikab.go.id/penyerahan-kia-di-sdn-mengger-2-oleh-wakil-bupati-ngawi/ https://dukcapil.ngawikab.go.id/penyerahan-kia-di-sdn-mengger-2-oleh-wakil-bupati-ngawi/#respond Thu, 12 Mar 2020 02:34:22 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1463 Pada Tanggal 26 Februari 2020 Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar melakukan kunjungan kerja di SDN Mengger 2 Kecamatan Karanganyar. Dalam kunjungan tersebut beliau meresmikan mushola As-Salam di sekolahan tersebut dan pada kesempatan tersebut dengan dampingi Kadin Dukcapil Kabupaten Ngawi beliau menyerahkan 33 KIA siswa SDN tersebut. Dalam Pidato penyerahan KIA secara Simbolis  beliau mengharapkan bahwa […]

The post Penyerahan KIA di SDN Mengger 2 oleh Wakil Bupati Ngawi appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Pada Tanggal 26 Februari 2020 Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar melakukan kunjungan kerja di SDN Mengger 2 Kecamatan Karanganyar. Dalam kunjungan tersebut beliau meresmikan mushola As-Salam di sekolahan tersebut dan pada kesempatan tersebut dengan dampingi Kadin Dukcapil Kabupaten Ngawi beliau menyerahkan 33 KIA siswa SDN tersebut.

Dalam Pidato penyerahan KIA secara Simbolis  beliau mengharapkan bahwa semua anak usia 0 sampai dengan 17 tahun kurang sehari memiliki KIA, karena dengan mempunyai KIA maka akan memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, transportasi, perbankan dan lain sebagainya.

Di kesempatan yang sama Kadin Dukcapil Kabupaten Ngawi juga memberikan sambutan bahwa akan menargetkan penuntasan penerbitan KIA. Pengurusan pembuatan KIA, bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke Kantor Disdukcapil atau bisa secara kolektif dengan mengirimkan surat permohonan ke Disdukcapil, maka petugas Disdukcapil akan datang jemput bola ke sekolah tersebut.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

The post Penyerahan KIA di SDN Mengger 2 oleh Wakil Bupati Ngawi appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
https://dukcapil.ngawikab.go.id/penyerahan-kia-di-sdn-mengger-2-oleh-wakil-bupati-ngawi/feed/ 0
Cek Keaslian Dokumen TTE https://dukcapil.ngawikab.go.id/cek-keaslian-dokumen-tte/ https://dukcapil.ngawikab.go.id/cek-keaslian-dokumen-tte/#respond Wed, 11 Mar 2020 01:27:27 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1457 Terbitnya Permendagri 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring menyebabkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil ditandatangani secara elektronik. Tanda tangan elektronik (TTE) ini mempermudah proses penandatangan karena tidak dibatasi ruang dan waktu, dimana saja dan kapan saja asal ada jaringan komunikasi data maka proses penandatangan dapat dilakukan sehingga mempermudah dan mempercepat proses layanan. […]

The post Cek Keaslian Dokumen TTE appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Terbitnya Permendagri 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring menyebabkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil ditandatangani secara elektronik. Tanda tangan elektronik (TTE) ini mempermudah proses penandatangan karena tidak dibatasi ruang dan waktu, dimana saja dan kapan saja asal ada jaringan komunikasi data maka proses penandatangan dapat dilakukan sehingga mempermudah dan mempercepat proses layanan.

Tanda tangan elektronik tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga kemudian tidak diperlukan lagi kertas security untuk mencetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Untuk mendukung kebijakan tersebut maka terbitlah Permendagri 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan dimana formulir yang digunakan dalam layanan administrasi kependudukan menggunakan kertas hvs 80 gram.

Dokumen yang menggunakan kertas hvs secara fisik (kasat mata) dokumen tersebut mudah untuk dipalsukan. Jika tidak dilakukan pengecekan keaslian dokumen pada QR Code (tanda tangan elektronik) maka seakan-akan dokumen palsu tersebut akan terlihat asli. Maka berikut ini tata cara pengecekan keaslian dokumen yang menggunakan tanda tangan elektronik.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

The post Cek Keaslian Dokumen TTE appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
https://dukcapil.ngawikab.go.id/cek-keaslian-dokumen-tte/feed/ 0
Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2018 https://dukcapil.ngawikab.go.id/survey-kepuasan-masyarakat-tahun-2018/ https://dukcapil.ngawikab.go.id/survey-kepuasan-masyarakat-tahun-2018/#respond Tue, 18 Jun 2019 06:32:06 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1410 Index survey kepuasan masyarakat tahun 2018 adalah 82,52 dengan kategori baik. Tingkat kepuasan tertinggi diperoleh dari unsur pelayanan berupa biaya dengan tingkat kepuasan Sangat Baik (96,13). Sedangkan tingkat kepuasan yang rendah dari unsur pelayanan Waktu Pelayanan (78,24), Prosedur Pelayanan (78,78) dan Persyaratan Pelayanan (79,32), walaupun begitu masih dalam kategori Baik. Berikut indek survey kepuasan masyarakat […]

The post Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2018 appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Index survey kepuasan masyarakat tahun 2018 adalah 82,52 dengan kategori baik. Tingkat kepuasan tertinggi diperoleh dari unsur pelayanan berupa biaya dengan tingkat kepuasan Sangat Baik (96,13). Sedangkan tingkat kepuasan yang rendah dari unsur pelayanan Waktu Pelayanan (78,24), Prosedur Pelayanan (78,78) dan Persyaratan Pelayanan (79,32), walaupun begitu masih dalam kategori Baik. Berikut indek survey kepuasan masyarakat secara keseluruhan:

Dan berikut ini index survey kepuasan masyarakat per bidang:

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

The post Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2018 appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
https://dukcapil.ngawikab.go.id/survey-kepuasan-masyarakat-tahun-2018/feed/ 0
Publikasi Daftar Informasi Publik Tahun 2019 https://dukcapil.ngawikab.go.id/rka-dan-dpa-2018/ https://dukcapil.ngawikab.go.id/rka-dan-dpa-2018/#respond Mon, 30 Apr 2018 05:16:48 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1277 Untuk mendukung keterbukaan informasi maka berikut ini Publikasi Daftar Informasi Publik Tahun 2018: Rencana Strategis 2016-2021 Rencana Strategis 2018 Rencana Kerja 2019 RKA 2018 DPA 2018 Indikator Utama Perjanjian Kinerja Laporan Kinerja Instansi Pemerintah 2018 Daftar Aset Realisasi Anggaran 2017 Penghargaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mendapatkan penghargaan dari Menpan RB tentang layanan publik […]

The post Publikasi Daftar Informasi Publik Tahun 2019 appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Untuk mendukung keterbukaan informasi maka berikut ini Publikasi Daftar Informasi Publik Tahun 2018:

  1. Rencana Strategis 2016-2021
  2. Rencana Strategis 2018
  3. Rencana Kerja 2019
  4. RKA 2018
  5. DPA 2018
  6. Indikator Utama
  7. Perjanjian Kinerja
  8. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah 2018
  9. Daftar Aset
  10. Realisasi Anggaran 2017

Penghargaan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mendapatkan penghargaan dari Menpan RB tentang layanan publik dengan kategori cukup pada Tahun 2018

Share and Enjoy !

0Shares
0


0

The post Publikasi Daftar Informasi Publik Tahun 2019 appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
https://dukcapil.ngawikab.go.id/rka-dan-dpa-2018/feed/ 0
Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi dan Pengendalian Kependudukan https://dukcapil.ngawikab.go.id/bidang-pengelolaan-informasi-administrasi-dan-pengendalian-kependudukan/ Fri, 15 Dec 2017 06:52:14 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1048 Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Bidang pengelolaan Informasi Administrasi  Kependudukan dipimpin oleh seorang kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang pengelolaan informasi administrasi dan pengendalian kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas dibidang pengendalian dan pengawasan, serta penyuluhan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia […]

The post Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi dan Pengendalian Kependudukan appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan

Bidang pengelolaan Informasi Administrasi  Kependudukan dipimpin oleh seorang kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang pengelolaan informasi administrasi dan pengendalian kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas dibidang pengendalian dan pengawasan, serta penyuluhan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia (WNI )dan Warga Negara Asing (WNA). Untuk melaksanakan tugas Bidang Pengelolaan informasi Administrasi Pengendalian Penduduk mempunyai fungsi:

  • Menyusun rencana kerja
  • Pengolahan data dan menyusun grafik data statistik
  • Memberikan layanan informasi Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil melalui papan informasi  mauoun secara lisan
  • Pemeriksaan data dan dokumen yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan
  • Pengendalian,pemantauan, pengawasan dan penyelidikan terhadap penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil
  • Pengendalian , pemantauan dan pengawasan mobilitas penduduk dan arus komuter penduduk
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang pengelolaan informasi administrasi dan pengendalian kependudukan terdiri dari

  • Seksi pengelolaan informasi administrasi kependudukan
  • Seksi pengendalian kependudukan

Setiap seksi dipimpin oleh seorang kepala seksi yang dalam melaksanakan tugasnya dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Pengendalian Kependudukan.

  • Seksi pengelolaan informasi administrasi kependudukan mempunyai tugas melaksanakan pengolahan data dan menyusun grafik data statistik serta memberikan layanan informasi Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil melalui papan informasi maupun secara lisan
  • Seksi pengendalian penduduk mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan data dan berkas yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan dan melaksanakan pengendalian,pemantauan,penyelidikan terhadap penyelenggaraan admistrasi kependudukan dan catatan sipil dan mobilitas penduduk serta arus komuter penduduk

Share and Enjoy !

0Shares
0


0

The post Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi dan Pengendalian Kependudukan appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Bidang Data Kependudukan https://dukcapil.ngawikab.go.id/bidang-kependudukan-2/ Fri, 15 Dec 2017 06:50:34 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1045 Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Data Kependudukan Bidang Data Kependudukan dipimpin oleh Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Data Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas dibidang Pengelolaan Data dan Laporan Penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Untuk melaksanakan tugas Bidang Data […]

The post Bidang Data Kependudukan appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Data Kependudukan

Bidang Data Kependudukan dipimpin oleh Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Data Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas dibidang Pengelolaan Data dan Laporan Penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Untuk melaksanakan tugas Bidang Data Kependudukan mempunyai fungsi:

  • Menyusun rencana kegiatan kerja
  • Menyimpan dan memelihara akurasi data kependudukan dan catatan sipil dalam database kependudukan
  • Menjaga kerahasian data Individu masyarakat
  • Menyediakan Data Agregat Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai dasar pengolahan data Statistik dan laporan data Kependudukan
  • Menyiapkan bahan dan data untuk pelaksanaan penyuluhan Admistrasi Kependudukan dan Catatan sipil
  • Memeriksa, mengesahkan dokumen yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan serta mengelola dan menyimpan dokumen Kependudukan dan Catatan sipil
  • Menyiapkan bahan dan data untuk kegiatan pelaksanaan penyukuhan  Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil WNI/Orang Asing
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya

Bidang Data Kependudukan terdiri dari:

  • Seksi Data kependudukan
  • Seksi Penyimpanan Dokumen Kependudukan
  • Seksi Penyuluhan

Setiap seksi dipimpin oleh seoarang kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Data kependudukan

  • Seksi Data kependudukan mempunyai tugas, menyiapkan dan memelihara akurasi data kependudukan dan catatan sipil dalam database kependudukan, menjaga kerahasian data individu masyarakat, menyediakan data agregat kependudukan dan catatan sipil sebagai dasar pengolahan bahan statistik dan laporan data kependudukan, menyiapkan bahan dan data untuk pelaksanaan penyuluhan administrasi kependudukan dan catatan sipil
  • Seksi penyimpanan dokumen kependudukan mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan, pengesahan dokumen berkas yang telah dikeluarkan sebelum diarsipkan serta mengelola dan menyimpan dokumen kependudukan dan catatan sipil
  • Seksi penyuluhan mempunyai tugas menyiapkan bahan dan data untuk kegiatan pelaksanaan penyuluhan bidang kependudukan dan catatan sipil WNI/Orang Asing

Share and Enjoy !

0Shares
0


0

The post Bidang Data Kependudukan appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Bidang Catatan Sipil https://dukcapil.ngawikab.go.id/bidang-catatan-sipil/ Fri, 15 Dec 2017 06:49:42 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1043 Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Catatan Sipil Bidang Catatan Sipil dipimpin oleh seoarang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Catatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang pelayanan pencatatan sipil penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Untuk melaksanakan tugas Bidang Catatan Sipil […]

The post Bidang Catatan Sipil appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Catatan Sipil

Bidang Catatan Sipil dipimpin oleh seoarang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Catatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang pelayanan pencatatan sipil penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Untuk melaksanakan tugas Bidang Catatan Sipil mempunyai fungsi:

  • Menyusun rencana kegiatan kerja
  • Melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, mengelola data serta penerbitkan Akta Kelahiran, Akta kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak.
  • Melaksanakan pendaftran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, serta mencatat pengesahan dan pengangkatan anak, perubahan nama Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, serta mengelola perubahan status kewarganegaraan
  • Melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, serta mencatat pembatalan perkawinan dan perceraian
  • Melaksanakan pencatatan peristiwa penting lainnya
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Catatan Sipil terdiri dari:

  • Seksi Kelahiran dan Kematian
  • Seksi Perkawinan dan Perceraian
  • Seksi Perubahan Data

Setiap seksi dipimpin oleh seoarang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Catatan Sipil.

  • Seksi kelahitan dan Kematian mempunyai tugas menyiapkan bahan pencatatn, pendaftaran dan memeriksa meneliti berkas pencatatan serta mengelola data dan menerbitkan akta kelahiran dan akta kematian bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Seksi Perkawinan dan Perceraian mempunyai tugas menyiapkan bahan pencatatan, pendaftaran dan memeriksa dan meneliti berkas pencatatan serta mengelola data dan menerbitkan akta perkawinan dan akta perceraian bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Seksi Perubahan Data mempunyai tugas mengumpulkan bahan dan data, memeriksa dan meneliti berkas serta mengelola data dan menerbitkan Akta Pengakuan Anak, pendaftaran dan pencatatan pengesahan dan pengangkatan Anak, perubahan nama, perubahan status kewarganegaraan, menerbitkan salinan dan Akta Kutipan II dan seterusnya serta mencatat peristiwa penting lainnya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing.

Share and Enjoy !

0Shares
0


0

The post Bidang Catatan Sipil appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Bidang Kependudukan https://dukcapil.ngawikab.go.id/bidang-kependudukan/ Fri, 15 Dec 2017 06:48:45 +0000 https://dukcapil.ngawikab.go.id/?p=1041 Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Kependudukan Bidang Kependudukan dipimpin oleh seoarang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas dinas dibidang pelayanan dan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Untuk melaksanakan tugasnya Bidang Kependudukan mempunyai fungsi: Menyusun rencana kegiatan […]

The post Bidang Kependudukan appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>
Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Kependudukan

Bidang Kependudukan dipimpin oleh seoarang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas dinas dibidang pelayanan dan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing. Untuk melaksanakan tugasnya Bidang Kependudukan mempunyai fungsi:

  • Menyusun rencana kegiatan kerja
  • Registrasi Penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing dan pemberian Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Melaksanakan kegiatan pendaftaran dan pencatatan adminstrasi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Mengumpulkan dan mengelola bahan pelayanan pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Melaksanakan kegiatan penerbitan Kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mengelola pendaftaran dan pencatatan mutasi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Orang Asing
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Kependudukan terdiri dari:

  • Seksi Registrasi Penduduk dan Nomor Induk Kependudukan
  • Seksi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
  • Seksi Mutasi Penduduk

Setiap SekSsi dipimpin oleh seoarang Kepla Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

  • Seksi Registrasi Penduduk dan Nomor Induk Kependudukan mempunyai tugas memverifikasi dan memvalidasi formulir biodata penduduk dan merekam data ke dalam database kependudukan untuk mendapatkan NIK.
  • Seksi Mutasi Penduduk mempunyai tugas memeriksa dan meneliti/pindah datang, merekam data ke dalam data base kependudukan, menertibkan surat keterangan pindah/pindah datang antar kabupaten/kota dalam satu propinsi dan pindah/pindah datang antar propinsi
  • Seksi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk mempunyai tugas memverifikasi dan memvalidasi data penduduk dan kelengkapan berkas persyaratan, merekam data kedalam database, menerbitkan KK dan KTP.

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil sesuai dengan keahlian dan kebutuhan. Kelompok jabatan fungsional dimaksud pada pasal tersebut diatas terdiri dari sejumlah tenaga,dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan keahliannya.Setiap kelompok tersebut pada ayat 1 pasal ini dipimpin oleh seoarang tenaga fungsional senior. Jumlah jabatan fungsional tersebut pada ayat 1 pasal ini, ditentukan berdasarkan kebutuhan daerah. Jenis dan jenjang jabatan fungsional tersebut pada ayat 1 pasal ini, diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Share and Enjoy !

0Shares
0


0

The post Bidang Kependudukan appeared first on Dukcapil Ngawi.

]]>